Anis Ruba Ajak Warga Perkuat Pangan Lokal di Tengah Pandemi Covid-19

 255 total views,  1 views today

Kupang, GoNTT.com_ Di tengah situasi melawan covid 19, masyarakat diajak untuk saling mengedukasi, mawas diri, saling menguatkan, dan mengingatkan antara sesama.

Hal ini disampaikan oleh Yohanis Tay Ruba kepada wartawan gontt.com  saat dihubungi, Sabtu (11/04/2020) siang.

Menurut  Anis, sapaan akrab Yohanes, wabah Covid- 19 telah berdampak langsung pada sistem ketahanan sosial, budaya, ekonomi,  dan politik.

Sisi sosial, budaya, relasi,  dan aktivitas harian dibatasi oleh jarak. Pekerjaan dilakukan dari rumah (work from home) seperti rapat dan pertemuan dilakukan secara online tanpa tatap muka,” kata dia dalam keterangan tertulisnya.

Mantan Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT itu mengatakan, dari sisi ekonomi, para pelaku ekonomi petani, buruh serta pedagang mengalami  kesulitan dan pendapatan.  Kondisi ini mempengaruhi ekonomi nasional maupun global

“Saya mengajak  masyarakat untuk meningkatkan ketahanan diri melalui ketersediaan pangan dengan memanfaatkan sumberdaya  pangan lokal produksi dalam daerah  sebagai cadangan logistik kebutuhan masyarakat,” ujar Anis.

Pasalnya, kata Anis, di tengah keterbatasan transportasi untuk distribusi ketersediaan pangan,  mengakibatkan perubahan harga di pasaran. Masyarakat  harus saling membantu dengan disiplin mengikuti protokoler pemerintah,” tuturnya.

Tay Ruba menambahkan, wabah Covid- 19 ini juga sebagai ujian bagi kita saling  memaknai arti solidaritas sebagai nilai luhur dalam relasi sosial.

Covid 19 tidak kemudian membuat kita individualis, menutup diri dari sesama. Justru  inilah pembuktian  rasa kesetiakawan terhadap sesama,” tandasnya.

Penulis: Emanuel Boli